Sunday, October 22, 2006

Proses air mendidih

Begini prosesnya, sebelumnya Saya tidak pernah tahu bagaimana proses ini terjadi sampai akhirnya kemarin saya membaca buku yang menjelaskan tentang proses ini.

Air terdiri dari beberapa molekul yang saling terikat atau tarik menarik. Nah ketika air dipanaskan air akan mengambil energi panas tersebut dengan memperlihatkan gerakan molekul-molekul air. Ketika suhu air semakin panas maka gerakan molekul-molekulnya pun akan semakin cepat yang akan menyebabkan terbebasnya atau terlepasnya ikatan molekul-molekul tersebut. Molekul yang terbebaskan akan berubah menjadi gas (menguap). Titik didih air berada pada 100 C tetapi kondisi ini jika air tidak mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang lainnya. Sebagai contoh ketika air mendidih dalam suhu 100 C kemudian Anda memasukan garam kedalam air tersebut maka titik didih air akan lebih tinggi dari 100 C. hal ini dikarenan garam memberikan ikatan kembali kepada molekul-molekul air sehingga dibutuhkan energi panas yang lebih untuk membebaskan air dari ikatan-ikatan tersebut.

Sebenarnya penjelasan banyak sekali tetapi singkatnya kira-kira seperti itu. Jika teman-teman mau mengoreksi atau menambahkan dengan senang hati Saya akan menerima.

No comments: